Toko Variasi Motor

Menjual aksesoris motor dan menyuguhkan informasi seputar otomotif

Kelebihan dan Kekurangan Lampu Led

Lampu led motor sekarang ini sudah menjadi salah satu trend sebagai lampu pencahayaan pada motor. LED yang merupakan kepanjangan dari Light Emitting Diode ini ternyata juga banyak digunakan pada peralatan elekreonik, rumah tangga dan lain – lain. Adapun lampu jenis ini sudah terkenal akan daya yang kecil jika dibandingkan pada lampu bohlam biasa dan lampu HID. Bahkan lampu LED motor ini juga memiliki sorotan cahaya yang berfokus pada jangkauan yang cukup luas tetapi tidak sampai membuat mata menjadi silau.

Lampu LED pun mengalami banyak perkembangan, dari lampu senja sampai lampu strobo serta luxeon. Yang menjadi favorit untuk menjadikan lampu LED ini sebagai lampu utama yaitu bisa memancarkan cahaya yang terang sekali tetapi dayanya tetap rendah. Karena inilah, banyak pabrikan motor ternama yang menggunakan lampu led pada motornya.

Dimulai dari motor buatan Honda, yaitu Honda Vario 110 yang memakai lampu LED sebagai lampu utamanya dan ini membuat penampilan motor tersebut menjadi semakin keren dan tentunya tetap fungsional.

Selain sebagai lampu utama, lampu LED juga sering dipakai sebagai lampu DRL tetapi sepertinya lampu LED tersebut memerlukan berbagai persyaratan supaya pancaran sinar yang dihasilkan dapat bersinar dengan terang dan juga tahan lama. Dan yang menjadi hal utama yaitu pada sistem listriknya yang harus memakai sistem kelistikan DC ataupun mengambil langsung daya tersebut dari aki tanpa menggunakan  daya dari spull dan putaran motor.

Adapun hal kedua yang jarang diperhatikan supaya cahayanya bisa menyebar secara sempurna yakni reflektor yang khusus pada lampu LED.

Dan, kelebihan lainnya pada lampu LED motor ini adalah umurnya yang cukup panjang, mulai dari 10.000 jam sampai 50.000 jam. Tentunya hal ini tergantung pada tipe maupun harga dari lampu led tersebut. Tetapi yang sangat disayangkan dari lampu led ini adalah harganya yang bisa dibilang masih mahal, yakni berkisar antara 250 ribu sampai 350 ribu rupiah untuk lampu utamanya saja.
  • Jadi, pada intinya kelebihan yang dimiliki oleh lampu LED motor tersebut yaitu :

  1. Cahaya yang terang
  2. Rendah watt (hanya 18 watt)
  3. Umur yang panjang
  4. Penampilan yang keren
  5. Mempunyai berbagai pilihan warna untuk lampu senja
  6. Pancaran cahayanya yang dingin

  • Adapun kekurangan dari lampu LED motorini adalah sebagai berikut :
  1. Harganya mahal
  2. Beberapa lampu tidak tembus hujan
  3. Cahaya tidak maksimal ketika cuaca terik
  4. Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari lampu led motoryang bisa saya sampaikan. Semoga bisa menjadi info yang bermanfaat dan terimakasih.
Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.