Toko Variasi Motor

Menjual aksesoris motor dan menyuguhkan informasi seputar otomotif

Lampu Membuat Celaka



Seringkali saat ini kita menjumpai mobil dan motor dengan lampu yang sangat menyilaukan mata. Saat kami berpapasan, sorotan lampu depan mobil membuat kami tidak bisa melihat sekeliling. Jelas ini sangat berbahaya, apalagi jika terjadi di jalan tol yang tumpang tindih. Lampu dapat menjadi sumber kecelakaan lalu lintas. Apa yang menyebabkan lampu depan mobil menyilaukan di depan pengemudi lain?

1. Hi Beam dan Low Beam
Lampu depan kendaraan (mobil/motor/bus/truk/dll) pada umumnya memiliki 2 fungsi yaitu low beam untuk penerangan di malam hari dan high beam untuk menerangi jarak jauh. Saat fungsi sinar rendah aktif, sinar lampu dirancang agar tidak mencolok mata pengemudi di depan. Agar terlihat seperti sisi kanan akan memiliki highlight yang lebih pendek, untuk sisi kiri akan lebih panjang dan melebar ke samping.
low beam

Saat fungsi high beam aktif, sorot cahaya dirancang untuk bersinar lebih jauh ke depan. Saat high beam dinyalakan, tentunya pengemudi di depannya akan silau, karena sinar lampu akan langsung masuk ke mata. 

hi beam
2. Cahaya yang menyilaukan 
Mengapa lampu depan mobil dapat menyilaukan pengemudi lain di depannya? Ini karena posisi titik cahaya lampu (kabel filamen pijar) tidak pada posisi yang benar di reflektor.
Jika lampu terpasang dengan baik pada reflektor, cahaya juga akan tersorot dengan tepat, tanpa menyebar (glare) kemana-mana sehingga tampak menyilaukan. Gambar di bawah menunjukkan bahwa lampu yang terpotong tidak menyorot mata pengemudi mobil di depan.
           
Jika titik cahaya tidak diletakkan dengan benar pada reflektor, ia akan memantulkan cahaya ke mana-mana (menyebarkan cahaya), membuatnya menyilaukan.
Gambar berikut menunjukkan silau pengemudi mobil di depan Anda

 Demikian artikel tentang lampu penyebab kecelakaan, semoga bermanfaat dan bisa membantu dengan membagikannya kepada saudara-saudara kita yang mungkin telah merugikan orang lain karena cahaya dari lampu depan kendaraannya, siapa sangka dengan membagikannya pasti ada yang menyadarinya dan terus membagikannya hingga ke anak cucu kita. 

Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.