Toko Variasi Motor

Menjual aksesoris motor dan menyuguhkan informasi seputar otomotif

Lampu HID dan lampu LED

Lampu HID dan Lampu LED 
Lampu HID atau pelepasan intensitas tinggi, juga dikenal sebagai lampu xenon, menghasilkan cahaya melalui busur listrik. Dua elektroda tungsten ditahan dalam tabung alumina atau kuarsa transparan atau tembus cahaya. Tabung ini diisi dengan gas xenon, garam logam, dan tegangan yang sangat tinggi diterapkan di antara elektroda untuk menghasilkan busur. Busur memanaskan dan menguapkan garam logam untuk membentuk plasma. Busur menghasilkan cahaya yang intensitasnya meningkat dengan plasma, yang juga mengurangi konsumsi energi.

bohlam hid
Cahaya yang dihasilkan jauh lebih intens daripada lampu halogen atau neon. Setiap lampu tersembunyi membutuhkan perangkat yang dikenal sebagai pemberat. Ballast adalah resistor atau kapasitor yang dimasukkan ke dalam rangkaian untuk mengatur tegangan yang disuplai ke kapsul gas di dalam lampu. Satu hal yang menakjubkan tentang lampu tersembunyi adalah bahwa mereka secara bertahap mencapai kecerahan penuh saat diaktifkan. Pemilik kendaraan juga dapat meng-upgrade lampu halogen mereka dengan Kit Konversi HID. Kit tersembunyi datang dalam berbagai jenis dan suhu warna cahaya yang disebut Kelvin. Lampu hidroelektrik dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang dibandingkan lampu halogen biasa dengan konsumsi energi yang lebih rendah. 
perbandingan output cahaya hid dan led
Lampu HID dan lampu LED: LED atau dioda pemancar cahaya terdiri dari chip yang terbuat dari bahan semikonduktor seperti silikon yang diolah dengan pengotor untuk membuat sambungan yang dikenal sebagai P-N. Dalam pembuatan semikonduktor, doping adalah pemasukan pengotor secara sengaja ke dalam bahan semikonduktor murni untuk menyesuaikan sifat kelistrikannya. Di sisi lain, persimpangan pn adalah batas antara dua jenis bahan semikonduktor yang dikenal sebagai tipe-p dan tipe-n. Ketika arus listrik melewati dioda pemancar cahaya, elektron bergabung kembali dengan lubang di perangkat untuk melepaskan energi dalam bentuk foton untuk menghasilkan cahaya. Proses ini dikenal sebagai electroluminescence dan merupakan fenomena listrik di mana materi memancarkan cahaya ketika arus listrik melewatinya.

Keuntungan utama dari LED adalah bahwa mereka bertahan lebih lama dari lampu pop-up atau halogen dan mengkonsumsi lebih sedikit energi daripada yang terakhir. Mereka juga menyala seketika sebagai lampu tersembunyi yang akan menghangat sekitar 15-25 detik saat diaktifkan. 
lampu led
Namun kekurangannya adalah LED tidak seterang lampu hid, dan daya pemfokusannya relatif lebih rendah dibandingkan lampu hid. Intinya, lampu HID digunakan untuk keperluan penerangan terutama untuk kendaraan yang membutuhkan cahaya ekstra terang untuk melintasi segala medan. Teknologi lampu tersembunyi yang terkenal pertama kali diadopsi oleh pembuat mobil Jerman dengan BMW Seri 7. Sedangkan LED digunakan untuk penghematan energi terutama untuk rumah, kantor dan pabrik yang membutuhkan penerangan jangka panjang namun hemat energi dan biaya.    

Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.