Toko Variasi Motor

Menjual aksesoris motor dan menyuguhkan informasi seputar otomotif

Aksi Kang JJ Jelang Finis Jelajahi Perut Bumi

Aksi Kang JJ Jelang Finis Jelajahi Bumi - CIAMIS (DP) – Jeffrey Polnaja, besok Sabtu (19/9) akan mengakhiri atau finis aksi seorang diri jelajahi bumi. Touring keliling dunia sesi kedua mulai 13 Mei 2012. Sebelumnya Kang JJ, sapaan akrab Jeffrey, telah sukses menjelajah 72 negara dari 2006-2008.

Melanjutkan misi “Ride for Peace – Solo Riding Exploring Five Continents on Two Wheels” dengan menjelajahi sebagian negara di Eropa, Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Australia.

Perjalanan seorang diri dengan sepeda motor BMW R1150 GS Adventure dimulai dari Paris.  Tak kurang dari 30 negara telah dilintasinya sepanjang misi kedua Ride for Peace ini, mulai dari Perancis, Belgia, Belanda, Jerman, Skandinavia, Polandia, Rusia, Korea Selatan, Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Kuba, Kolombia, Nikaragua, Bolivia, Brasil, Argentina, Peru, Selandia Baru, Australia, dan Timor Leste.

Dalam perhitungan Kang JJ, total jarak tempuh perjalanan keliling dunia pertama dan keduanya ini akan sebanding dengan delapan kali panjang lingkar bumi.
“Saya pikir angka delapan punya arti khusus bagi banyak orang, termasuk saya. Angka ini memiliki garis tak putus ‘infinity’, sehingga sesuai dengan moto perjalanan saya di mana semangat perdamaian di dunia tidak akan pernah putus,” lanjut Jeffrey saat memulai perjalanan fenomenal kedu Ride For Peace (RFP) tiga tahun silam.

Aksi Kang JJ Jelang Finis Jelajahi Bumi - Perjalanan kali ini diawali dengan berbagai cobaan, jelang start  BMW R1150 GS Adventure hilang di Amsterdam, Belanda pada Mei 2012. Hal itu berdampak pada perubahan jadwal memulai perjalanan, karena harus menyiapkan motor pengganti hingga enam pekan.

Akhirnya Kang JJ memulai perjalanan sesi kedua pada 25 Juni 2012 dari Paris, Perancis yang dilepas oleh oleh Duta Besar Republik Indonesia di Perancis, Drs. RezlanIshar Jenie.

“Motor saya kini berwarna perak, berbeda dengan unit yang hilang yang berwarna putih. Nomor polisi pun sudah berganti menjadi B 5010 JP. Plat nomor sengaja dibedakan agar tidak mengaburkan nomor sebelumnya, D 5010 JJ, yang telah hilang dan kini masih terus dilacak kepolisian di negara-negara Eropa,” ungkapnya.

Saat melintas di Kazakhstan, Selasa (7 Agustus 2012) mengalami kecelakaan yang melibatkan truk kontainer telah membuat tulang tumit kaki kiri Jeffrey mengalami keretakan. Dampaknya, kaki kiri harus di gips dan itu membuatnya harus istirahat total.

Dengan semangat yang luar biasa keajaiban didapat penjelajah asal Bandung. Vonis dokter istirahat satu bulan, ternyata daalam sepekan bisa sembuh. Perjalanan harus segera dilanjutkan Aksi Kang JJ Jelang Finis Jelajahi Bumi - menuju Siberia sebelum cuaca dingin serta jalanan off-road yang panjang menuju Alaska.

Setelah itu merambah Amerika Latin, mengalami kendala kerusaakan motor di Brazil. “Plat kopling Silver Line rusak dan riskan memaksakan diri. Saya terpaksa berhenti sambil menunggu teman-teman dari Brasil membantu,” ucapnya.

Dirinya menceritakan titik lokasi kerusakan sepeda motornya di daerah Vista Alegre do Abuna jauh dari kota. Diperlukan perjalanan sejauh 260 kilometer selama enam jam untuk mencapai Porto Velho.

“Saya sangat berterimakasih kepada teman-teman di Brasil. Mereka sangat baik karena sudah bersusah payah menolong saya. Mereka butuh 15 jam perjalanan untuk pergi dan pulang. Rutenya cukup ganas karena harus melintasi sungai Madeira dan Amazon yang penuh piranha.”

Lepas dari Amerika Latin menuju Australia hingga Timor Leste. Sekarang tinggal sejengkal lagi finis di pelataran IMI (Ikatan Motor Indonesia) di kawasan Gelora Bung Karno. Saat ini rombongan biker pengawal Kang JJ telah memasuki Jawa Barat dengan jalur selatan. Esok (19/9) akan dilakukan penyambutan khusus dengan rolling thunder keliling Jakarta bersama berbagai komunitas motor. Selamat datang Kang JJ. 
Previous
Next Post »
Diberdayakan oleh Blogger.